Toko Buku Batubara, Akhirnya!

Saya belum menemukan toko buku semacam Yusuf Agency Jogja di Jakarta. Ya, paling tidak seperti Sosial Agency Baru lah supaya saya tidak harus ngemol dulu untuk sekadar mencari buku.

Suatu hari saya dapat kabar dari seorang kawan, Marjin Kiri (MK) katanya mengeluarkan buku baru. “Coba kamu lihat di webnya, Bib,” ujar kawan tadi. Akhir-akhir ini Marjin Kiri sering mengeluarkan buku-buku alternatif yang cukup bagus menerutku; agak ke kiri-kirian kalau kawanku bilang.

Lantas saya membuka web Marjin Kiri. Saya lupa buku apa waktu itu yang dia tawarkan, yang jelas dari situ saya mencari selain langsung datang ke Marjin Kiri kira-kira toko mana lagi yang menyediakan buku MK? Cari-cari, cari-cari, cari-cari, akhirnya nemu juga nama itu; Toko Buku Batubara, letaknya tidak jauh dari UIN Syahid Jakarta (atau Tangerang?)

Tidak banyak buku MK yang saya kenal selain Memahami Dunia Lewat Sepak Bola-nya Franklin Foer, yang pertama kali saya tahu di kos mas saya. Ada juga Berebut Ruang Kota-nya Purnawan Basundoro yang saya jadikan rujukan pas nulis bunga rampai dengan teman-teman Ekspresi dulu. Selebihnya tidak banyak kenal.

Setelah beberapa hari gagal terus, saya akhirnya masuk juga ke toko buku kecil itu. Iya, kecil; hanya seukuran 2×8 meter kalau tidak salah. Bukunya berjejal rapi. Kebanyakan bertema politik dan filsafat Islam, maklum yang datang kebanyakan mahasiswa UIN.

Dari depan letaknya agak membingungkan. Toko Buku Batubara menjadi satu dengan toko-toko kelontong dan kos-kosan mahasiswa. Catnya kuning norak bersanding dengan warna merah, juga norak. Di depannya terpasang spanduk Erlangga yang sok inspiratif. Di sebelah kirinya ada Warteg Sederhana tempat biasa saya dan teman-teman kosan makan.

Toko Buku Batubara yang tidak besar

Nama Toko Buku Batubara terpasang gagah di bagian depan teras lantai dua. Tapi jika tidak perhatian, nama itu akan sia-sia, karena jarang sekali orang akan melongok jauh ke atas. Selain di atas, tulisan Toko Buku Batubara juga tertera di bagian depan, tapi kecil sekali, hanya seukuran papan fotocopy yang berserakan di sekitarnya.

Jika tidak masuk, persepsi pertama yang muncul adalah ini toko buku yang menyediakan buku-buku bahan ajar (tercermin dari spanduk Erlangga di bagian depan) saja, kalau tidak ya buku-buku pegangan mahasiswa UIN. Hihihi

“Mas, Franklin Foer yang Marjin Kiri, stok ada gak?” tanyaku. Mas-mas penjaga yang tampak sibuk melayani pembeli memberi isyarat bahwa buku yang saya tanyakan tadi habis.

“Biasanya ada, tapi datangnya agak lama mas kalau Marjin Kiri.” Sementara mas penjaga kembali ke meja kasirnya, saya meneruskan menjelajahi koleksi buku yang ada di situ.

Dekat pintu masuk, berjajar koleksi lama Penerbit Obor. Mulai dari Agama-agama Manusia, sampai Hindia-Belandanya-Furnivall. Engineers of Happy Land-nya Mrazek juga ada. Masih berbungkus, tapi agak lusuh dibanding dengan stok yang lain. Saya sendiri masih belum berniat beli-beli meski ada kabar bahagia tengah bulan dari kantor. Hehehe…

Saya masuk agak ke dalam, semakin banyak saya jumpai seri filsafat Islam yang ditulis oleh beragam cerdik-pandai dunia Islam. Dari situ juga saya baru tahu kalau Palu Arit di Ladang Tebu-nya Hermawan “Kikik” Sulistyo dan Tradisi Pesantren-nya Zamakhsyari sudah dipermak ulang alias cetak ulang.

Palu Arit yang sudah dicetak ulang

Tidak terlalu lama saya di situ, karena sedari awal niatnya hanya mengecek apakah toko buku tersebut bisa dijadikan rujukan. Dan jawabannya, iya aku kira.

Di tengah “miskinnya” Jakarta dengan toko buku-toko buku alternatif, Toko Buku Batubara seperti layak kunjung. Meski saya sendiri belum memastikan harga perbukunya, tapi minimal, ini bisa mengobati sedikit rindu terhadap Yusuf Agency atau Sosial Agency yang ada di Jogja.

Tabik!

3 comments

  1. manuel · October 1, 2013

    Toko Buku Batubara melayani pembelian online ga mas (kirim via paket)..?

    • ndangcerung · October 2, 2013

      Wah, gak tau mas. Saya juga hanya mengunjungi.

    • Anton Tono · November 6, 2013

      saya jual buku Palu Arit di Ladang Tebu, jika berminat silakan hubungi 085642820108
      terima kasih

Leave a Reply

