Bertemu Lagi dengan Abiem Ngesti

Tiba-tiba saya ingin menambah koleksi lagu dangdut klasik. Lagu-lagu yang ada di komputer jinjing saya yang tersedia sudah terlalu sering didengar, oleh karena itu dibutuhkan penyegaran kembali. Biar tidak bosan kalau kata orang-orang.

Melalui salah satu mesin donlot paling jahanam, 4shared, beberapa lagu berhasil saya unduh. Mulai dari lengkingan serak-serak biadab Ona Sutra dalam Asam di Gunung Garam di Laut, koleksinya Mega Mustika, sampai Bang Kodir-nya Mirnawati. Aih, sebuah nostalgia yang tak mampu diucapkan dengan kata-kata.

Saat sedang asik-asiknya mencari-cari lagu yang masuk daftar list, tiba-tiba ingatan saya langsung terpaut dengan nama Abiemanyu Ngesti alias Abiem Ngesti. Sebuah nama yang pastinya begitu populer di awal tahun 90an. Hitnya “Pangeran Dangdut” menjadi lagu favorit bocah-bocah seumuranku di kampung kala itu.

Saya bertemu nama Abiem Ngesti dari tayangan Album Minggu yang rutin muncul di TVRI waktu itu, yang disetel di sedikit rumah yang punya tivi di kampung saya. Selain itu, ada beberapa kawan yang memiliki beberapa album Abiem Ngesti. Bersama Wisnu Si Dai Cilik, keduanya adalah idola.

Abiem Ngesti 2

Saat di TK, “Pangeran Dangdut” dijadikan salah satu lagu pengiring pertunjukkan dalam perpisahan TK dan MIM. Pasca itu, nama Abiem Ngesti mendadak menjadi populer. Sering kali saya dan teman-teman membuat replika gitar asal-asalan yang kepala gitarnya berbentu segi tiga. Persis seperti punya Abiem Ngesti. Setelah gitar itu jadi dan dianggap mirip maka kami akan bergaya laiknya Abiem kecil yang nyentrik. Yang paling teringat adalah cara dia melompat tinggi-tinggi sembari menggenjreng gitar sekuat-kuatnya, setelah mendarat lagi di atas panggung, dia akan mengayun-ngayunkan dadanya. Yeah…

Akulah pangeran dangdut/ yang akan mengguncang dunia/ lewat lagu yang ku nyanyikan/ lewat musik yang ku mainkan/ setelah aku besar nanti/ akan jadi si raja dangdut/ dangdut, dangdut, dang… dang…”

Ada beberapa lagu Abiem Ngesti yang saya kenal selain Pangeran Dangdut, meski tidak banyak. Dua di antaranya adalah “Ini Jaman Uang” dan “Dahsyat”. Ini Jaman Uang dinyanyikan bareng Erie Suzan. Saya mengira, dulu lagu ini dinyanyikan bareng Ria Enes yang terekenal dengan Suzan-nya. Tapi ternyata tidak. Erie Suzan lah yang menjadi partner.

Abiem Ngesti 1

Setelah itu, tiba-tiba nama Abiem Ngesti menghilang begitu saja. Saya tidak tahu persis, apakah aku yang memang tidak tahu atau memang nama Abiem Ngesti tengah tenggelam. Maklum waktu itu kampung saya belum memungkinkan untuk mengakses informasi itu lebih detil.

Sekitar tahun 1995, waktu itu saya kelas 2 MIM, tersiar kabar bahwa Abiem meninggal. Dan seperti namanya, kabar meninggalnya pun menguap begitu saja di telinga saya. Selain belum banyak tivi di kampungku tahun itu, media lain macam koran juga jarang.

Nama Abiem Ngesti kembali masuk memoriku lagi saat TPI—sekarang MNC TV—lagi ramai-ramainya memutar Balada Dangdut. Di salah satu serialnya, lagu Abiem Ngesti yang berjudul Dahsyat menjadi Original Soundtrack-nya. Kalau tidah salah yang dibintagi oleh Ajie Pangestu.

Meski demikian, itu tidak lantas menarik perhatian saya untuk mencari tahu informasi lebih lanjut ikhwal kematian Abiem. Biarlah jadi misteri selamanya. Sampai akhirnya nama Abiem Ngesti tiba-tiba muncul kembali di ingatanku beserta lagu-lagunya yang pernah populer. Mumpung lagi ingat, maka saya lagsung brosing di internet mengenai musabab kematian Abiem Ngesti.

Abiem Ngesti meninggal karena sebuah kecelakaan parah yang terjadi di jalan tol Cikampek-Jakarta. Waktu itu tanggal 19 Agustus 1995, mobil yang mengangkut dirinya beserta keluarga besarnya dari Kudus, kampung halamannya, menabrak truk gandeng yang sedang berhenti di pinggir jalan. Selain Abiem, Ibu Abiem, adiknya yang masih 6 tahun, sepupunya, dan juga pamannya, Kaswito yang sekaligus supir mobil naas tersebut.

Berita lain yang akhirnya saya ketahui adalah saat mengalami kecelakaan, Abiem tengah menunggu hasil editing album terakhirnya yang tak lain dan tak bukan adalah Dahsyat.

Tabik!

One comment

  1. rofik · October 21, 2014

    Saat ini ada seseorang yg mengaku sebagai Abim Ngesti…Bila ada diantara anda sebagai keluarga dekat Abim Ngesti,, atau kawan dekat Abim atau yg kenal dgn keluarga Abim, mohon segera kontak ke email saya rofik_killer(.)yahoo(.)com
    pin BB 7CF4F96A.

Leave a Reply

